Tips Sehat Berkreasi dengan Sayuran

Tips Sehat Berkreasi dengan Sayuran

Tips Sehat Berkreasi dengan Sayuran

Sayur kadang menjadi salah satu makanan yang kurang disukai oleh bebrapa orang, baik dewasa maupun anak. Para ibu mungkin sudah sering mengalaminya, sulitnya mengajak anak untuk makan sayur. Berbagai alasan dilontarkan dari mulut si kecil. Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa sayur yang cenderung hambar membuat anak kurang menyukainya.

 

Realitanya, tidak jarang ada orang dewasa yang tidak menyukai sayur-sayuran. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah karena tidak dibiasakan sejak kecil. Sehingga, pada saat dewasa kebiasaan tidak menyukai sayur terus terbawa.

 

Namun, Tahukah Anda kandungan gizi yang terkandung dalam sayur sangat diperlukan oleh tubuh baik orang dewasa terutama untuk anak. Berbagai vitamin dan mineral, serta serat dapat diperoleh tubuh dengan mengonsumsi sayuran.

 

Untuk membiasakan konsumsi sayur, maka pengenalan dini terhadap sayur sejak dini sangat diperlukan. Pengenalan dapat dilakukan secara bertahap. Jika si kecil menolak karena warnanya kurang menarik atau rasanya yang hambar, bunda dapat mengkombinasikannya dengan lauk pauk sumber protein hewani dan nabati, serta makanan pokok sumber karbohidrat.

 

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa setiap jenis makanan yang akan disajikan haruslah sesuai dengan porsi yang dianjurkan agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Berikut contoh 1 porsi sayuran yang sering dikonsumsi,

 

ketimun = 1 buah sedang

bayam = 2 ikat sedang

brokoli = 100 gr

kacang panjang = 6 buah

kangkung = 1 ikat sedang

wortel = 2 buah panjang

tauge = 1 gelas

tomat = 1 buah sedang

jamur = 100 gr

 

Dengan begini, Anda akan lebih mudah untuk berkreasi dengan sayuran tanpa harus melebihkan/mengurangi porsi sayuran yang dianjurkan. Anak dapat mengenal dan mulai menyukai sayuran sejak dini.

 

Yuk, biasakan makan sayur setiap hari. Bagikan informasi penting ini kepada keluarga, sahabat, dan kerabat Anda, agar generasi penerus Indonesia dapat hidup aktif, produktif, dan tentu saja sehat.

 

Ingat !

Porsi cukup, Perut kenyang, Badan sehat.

Nantikan artikel menarik lainnya seputar pangan dan gizi hanya di grup diskusi “Gizi Seimbang”.

 

Tertarik ingin bergabung bersama kami membahas isu-isu seputar pangan dan gizi? Tinggal klik link berikut bit.ly/GiziSeimbangMWA

 

Atau like fanpage kami di bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA

 

Anda juga bisa kunjungi website MWA di panganlokalindonesia.co.id/ untuk mendapatkan artikel pangan dan gizi lainnya.

 

-MWA Training & Consultant-

 CP (+6285310252992)

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook