SUMBER TENAGA YANG BAIK ITU, TIDAK HANYA BERAS ...

SUMBER TENAGA YANG BAIK ITU, TIDAK HANYA BERAS ...

SUMBER TENAGA YANG BAIK ITU, TIDAK HANYA BERAS ...

Berbicara mengenai makanan, memang tidak pernah ada habisnya. Ya, masing-masing dari kita minimal memiliki tiga waktu makan setiap harinya. Salah satu, jenis pangan yang biasa hadir di tiga waktu makan tersebut ialah beras. Mengapa?

 

            Fungsi makanan diantaranya untuk menambah zat tenaga bagi tubuh. Sumber zat tenaga yang masih menjadi primadona di Indonesia ialah beras. Bagaimana tidak, jumlah beras yang dimakan oleh rata-rata penduduk Indonesia selama Tahun 2016 sebanyak 98 Kg (BPS 2015). Namun sebenarnya, tanah Indonesia tidak hanya menyediakan beras sebagai sumber zat tenaga. Benarkah?

 

            Ya, ada banyak sumber zat tenaga lainnya, yang dihasilkan dari tanah Indonesia. Dari jenis serealia saja, selain beras ada jagung, dan juga gandum. Disamping itu, terdapat sumber tenaga yang berasal dari umbi-umbian, seperti ubi jalar, ubi kayu, sagu, dan olahan umbi yakni tepung sagu, dan tapioka. Bahkan, jumlah umbi di beberapa kabupaten di Indonesia mampu surplus hingga berkali kali lipat.

 

            Aneka jenis pangan tersebut, hadir menjadi pilihan untuk kita. Sehingga, tugas kita adalah memilih yang terbaik. Contoh jenis pangan ubi jalar. Selain sebagai sumber zat tenaga, mengonsumsi ubi jalar juga membantu mengurangi berat badan yang berlebih atau biasa disebut gemuk. Tidak percaya?

 

            Begini..

 

            Pada saat kita mengonsumsi ubi jalar, maka rasa lapar dalam tubuh kita bisa tertahan lebih lama dibandingkan pada saat kita mengonsumsi beras. Kenapa? Karena, ubi jalar memiliki struktur yang lebih susah untuk diserap dan dimanfaatkan di dalam tubuh. Kemudian, mengonsumsi ubi jalar juga tidak mudah menaikan kadar gula darah, sehingga sangat baik untuk para penderita diabetes.

 

            Nah, pangan yang baik, akan tetap baik apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Oleh karena itu, sudah saat nya kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

 

Yuk ikut bergabung di forum diskusi online dengan mengklik link berikut bit.ly/GiziSeimbangMWA

 

Atau mungkin Anda mau kepoin artikel seputar gizi lainnya, mudah loh tinggal klik bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA

 

Atau kunjungi website MWA di panganlokalindonesia.co.id/

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook