SI KECIL HITAM MANIS, PENUNDA LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA

SI KECIL HITAM MANIS, PENUNDA LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA

SI KECIL HITAM MANIS, PENUNDA LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA

Berbentuk kecil dan berwarna hitam manis, itulah buah khas bulan Ramadhan.


KURMA

 

Buah yang sering Anda nikmati, khususnya saat berpuasa ini mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah menunda rasa lapar dan haus Anda. Biasanya, buah kurma dihidangkan saat berbuka puasa. Tetapi, tahukah Anda jika buah kurma dikonsumsi saat sahur juga akan sangat membantu menunda lapar dan haus ketika siang hari?

Buah kurma mengandung karbohidrat kompleks (Baca artikel 1) yang dapat menunda rasa lapar lebih lama. Buah kurma mengandung energi 1,8 kali lebih banyak dari gula tebu, namun memiliki nilai Indeks Glikemik lebih rendah.

 

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan Indeks Glikemik. Indeks Glikemik menunjukkan tingkatan pangan untuk mempengaruhi gula darah. Jika Anda adalah penderita diabetes, Anda tentu sudah familiar dengan istilah ini. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat pula gula darah Anda naik. Bagi penderita diabetes, biasanya makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan dengan indeks glikemik rendah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus membatasi makanan sumber karbohidrat dan makanan yang memiliki kadar gula tinggi.

Jadi, buah kurma termasuk kategori buah yang dapat dimakana oleh penderita diabetes walaupun kandungan karbohidratnya cukup tinggi.  

 

Selain itu, buah kurma juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral yang cukup dapat mencegah dehidrasi, terutama pada Anda yang sedang berpuasa. Tidak hanya, tinggi mineral dan mengandung karbohidrat kompleks saja. Buah kurma juga merupakan salah satu buah dengan kadar asam lemak yang rendah dan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah kurma juga cocok dikonsumsi sebagai camilan bagi Anda yang ingin berdiet sehat.

 

Cukup praktis bukan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hanya dengan mengonsumsi buah kurma Anda dapat berpuasa dengan tenang tanpa khawatir rasa lapar dan haus menyerang dengan ganas. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan diet sehat dengan memasukkan buah kurma ke dalam list makanan sehari-hari Anda.

 

Tetapi Ingat, Semua yang berlebihan tidaklah baik. Konsumsilah kurma dengan bijak sesuai dengan prinsip gizi seimbang. *Bagikan artikel ini, jika Anda merasa dapat bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.*

 

Untuk bijak dalam menentukan porsi makan, anda juga dapat mengikuti grup diskusi kami dengan klik link berikut bit.ly/GiziSeimbangMWA

 

Atau like dan subscribed fanpage gizi seimbang di bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA


          Sampai bertemu di artikel lainnya J panganlokalindonesia.co.id/

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook