SI KECIL HITAM MANIS, PENUNDA LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA

SI KECIL HITAM MANIS, PENUNDA LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA

SI KECIL HITAM MANIS, PENUNDA LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA

Berbentuk kecil dan berwarna hitam manis, itulah buah khas bulan Ramadhan.


KURMA

 

Buah yang sering Anda nikmati, khususnya saat berpuasa ini mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah menunda rasa lapar dan haus Anda. Biasanya, buah kurma dihidangkan saat berbuka puasa. Tetapi, tahukah Anda jika buah kurma dikonsumsi saat sahur juga akan sangat membantu menunda lapar dan haus ketika siang hari?

Buah kurma mengandung karbohidrat kompleks (Baca artikel 1) yang dapat menunda rasa lapar lebih lama. Buah kurma mengandung energi 1,8 kali lebih banyak dari gula tebu, namun memiliki nilai Indeks Glikemik lebih rendah.

 

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan Indeks Glikemik. Indeks Glikemik menunjukkan tingkatan pangan untuk mempengaruhi gula darah. Jika Anda adalah penderita diabetes, Anda tentu sudah familiar dengan istilah ini. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat pula gula darah Anda naik. Bagi penderita diabetes, biasanya makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan dengan indeks glikemik rendah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus membatasi makanan sumber karbohidrat dan makanan yang memiliki kadar gula tinggi.

Jadi, buah kurma termasuk kategori buah yang dapat dimakana oleh penderita diabetes walaupun kandungan karbohidratnya cukup tinggi.  

 

Selain itu, buah kurma juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral yang cukup dapat mencegah dehidrasi, terutama pada Anda yang sedang berpuasa. Tidak hanya, tinggi mineral dan mengandung karbohidrat kompleks saja. Buah kurma juga merupakan salah satu buah dengan kadar asam lemak yang rendah dan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah kurma juga cocok dikonsumsi sebagai camilan bagi Anda yang ingin berdiet sehat.

 

Cukup praktis bukan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hanya dengan mengonsumsi buah kurma Anda dapat berpuasa dengan tenang tanpa khawatir rasa lapar dan haus menyerang dengan ganas. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan diet sehat dengan memasukkan buah kurma ke dalam list makanan sehari-hari Anda.

 

Tetapi Ingat, Semua yang berlebihan tidaklah baik. Konsumsilah kurma dengan bijak sesuai dengan prinsip gizi seimbang. *Bagikan artikel ini, jika Anda merasa dapat bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.*

 

Untuk bijak dalam menentukan porsi makan, anda juga dapat mengikuti grup diskusi kami dengan klik link berikut bit.ly/GiziSeimbangMWA

 

Atau like dan subscribed fanpage gizi seimbang di bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA


          Sampai bertemu di artikel lainnya J panganlokalindonesia.co.id/

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Ase Seije Seasean... Pangan Lokal Yes... Selengkapnya

-Sardania - PKK Kabupaten Kaur

Papeda + Ika colo-colo Manta.... Selengkapnya

-Canox - Pulau Taliabu

Alhamdulillah, kami dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan kami khususnya menu B2SA ... Selengkapnya

-Anonim

Sangat berkesan dengan MWA, Tambah banyak inspirasi untuk pengolahan pangan yang ada di daerah Kaur.... Selengkapnya

-Bu Harmili - PKK Kabupaten Kaur

Terima kasih Kepada MWA yang telah memberikan ilmu/materi Distribusi pangan.. Harga pangan dan cadan... Selengkapnya

-Maida dan Yaktiva - Dinas ketahan pangan Kota Pekanbaru

Wawasan dan Inspirasi semakin Terbuka.... Selengkapnya

-Bu Eli - Dinas Ketahanan Pangan Banten

Bersama pangan lokal kita tingkatan aneka ragam pangan lokal MWA.... Selengkapnya

-Supriyanto

Thy so much.... Selengkapnya

-Evi - Bengkulu

ILMU tak berujung.... Selengkapnya

-Alien - Kutai Timur

Melalui MWA, kita jadi melek pangan tingkatkan selalu kerjasama kita.... Selengkapnya

-B.basyin

Pangan Lokal rasa dunia bersama MWA.... Selengkapnya

-Yiyi - KKP PKP

"Jadilah pendekar-pendekar pangan yang tangguh mewujudkan ketahanan pangan yang hakiki dimasing-masi... Selengkapnya

-Jems - DKPPKE TPI

MWA Memang oke, Jadilah yang Terdepan dari Pelatihan Apapun..... Selengkapnya

-Zarda - DKPPKE Kota Tanjung Pinang (Kepri)

MWA OK3... Selengkapnya

-Julaiha - BKP3 Bangka Tengah

Kita tingkatkan Pangan Lokal, Bersama MWA Bogor.... Selengkapnya

-Petrusngo - Dinas Pertanian & Kehutanan Kabupaten Mahakam ulu Provinsi Kaltim

Kita tingkatkan Pangan Lokal, Bersama MWA Bogor.... Selengkapnya

-Petrusngo - Dinas Pertanian & Kehutanan Kabupaten Mahakam ulu Provinsi Kaltim

MWA sangat Menginspirasi untuk sehat dan berbisnis... Selengkapnya

-Kartikawati - PKK KBB PARIGI MOUFONG SULTENG

Alhamdulillah, Berkat mengikuti Bintek B2SA kami memahami bagaimana menyusun menu B2SA.. Jayalah PKK... Selengkapnya

-Asrawan dan Zatma - Rejang Legong

Good job MWA Terima kasih ilmunya.... Selengkapnya

-Eva - DKP Rejang Lebong Bengkulu

Alhamdulillah bisa mengikuti Bimtek di MWA.... Mwa buat kita-kita makin menyenangi Ketahanan Pangan... Selengkapnya

-Miharlin

MWA bikin saya lebih "Melek Pangan". Sukses MWA... Selengkapnya

-Weny Aditya - DKP Kota Sungai Penuh

Terima kasih MWA atas ilmunya. Sukses selalu.... Selengkapnya

-Hamsia - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pulau Taliabu

Ase seije Seasean Pangan Lokal Yes... Selengkapnya

-Ibu Sardania - PKK Kabupaten Kaur

MWA untuk pangan lokal, sukses!!!... Selengkapnya

-Edi - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Teluk Wondama, Papua

Terima kasih kepada MWA yang telah memberikan ilmu / materi distribusi harga pangan dan cadangan pan... Selengkapnya

-Ibu Maida - Dinas Ketahanan Pangan kota Pekan baru

Facebook