Rahasia Ibu Hamil Tetap Sehat Tanpa Minum Susu

Rahasia Ibu Hamil Tetap Sehat Tanpa Minum Susu

Rahasia Ibu Hamil Tetap Sehat Tanpa Minum Susu

Sebagai calon ibu, Anda pasti menginginkan anak Anda terlahir sehat tanpa kekurangan apapun. Setiap bulan, Anda akan memeriksakan kandungan Anda ke dokter dan disarankan untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil secara rutin setiap hari. Alasannya, untuk memenuhi asupan gizi ibu dan calon bayi. Tetapi, bagaimana jika Anda mempunyai alergi terhadap susu. Apa yang harus Anda lakukan jika harga susu ibu hamil tersebut tidak terjangkau oleh isi dompet.


Tenang saja, keinginan Anda melahirkan anak yang sehat tanpa cacat tetap akan terwujud tanpa Anda mengkonsumsi susu khusus ibu hamil. Kebutuhan gizi Anda setiap harinya bisa didapatkan dari makanan lain. Asalkan makanan tersebut sesuai dengan konsep gizi seimbang. Prinsip konsumsinya sederhana, yaitu makan makanan yang beraneka ragam, perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti ikan dan telur, dan perbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai makanan sumber vitamin dan mineral.


Batasi juga konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, makanan manis, dan makanan berlemak seperti gorengan. Banyak orang yang menganggap sepele himbauan pembatasan ini. Tahukah Anda, jika makanan-makanan tersebut tidak dibatasi sejak awal kehamilan, calon bayi Anda dapat mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Resiko terkena penyakit degenartif seperti diabetes dan penyakit jantung bawaan sejak lahir semakin besar hingga dapat menyebabkan kematian bagi Anda sebagai ibu dan calon bayi Anda.


Tidak hanya dari makanan saja. Sebagai calon ibu yang cerdas, Anda juga harus memperhatikan minuman apa yang Anda minum. Menurut Kemeterian Kesehatan dalam buku Pedoman Gizi Seimbang, ibu hamil membutuhkan 2-3 liter air (8-12 gelas) dalam sehari untuk membantu sirkulasi janin.


Selain jumlahnya, jenis minuman yang Anda konsumsi juga harus diperhatikan. Pasti Anda pernah mendengar bahwa ibu hamil dilarang untuk minum kopi. Anda juga sudah pasti menyadari bahwa larangan ini benar adanya. Kafein yang terdapat dalam kopi sangat tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Kafein dapat mengakibatkan zat besi dari susu ataupun makanan lainnya tidak dapat diterima oleh calon bayi dengan baik. Anda juga harus ingat bahwa kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tetapi juga terdapat pada teh, cokelat, dan minuman suplemen energi.


Jadi, sekarang Anda telah mengetahui bahwa agar tetap sehat ibu hamil tidak harus minum susu khusus. Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan agar tetap sehat. Tapi ingat, Anda harus tahu jalan mana yang benar menuju sehat tersebut. Agar tidak tersesat, Anda bisa bergabung di forum diskusi online “Gizi Seimbang” dengan mengklik link berikut 

Grup Diskusi Komunitas Gizi Siembang

Atau mungkin Anda mau kepoin artikel seputar gizi lainnya, mudah loh tinggal klik Fanpage Gizi Seimbang

Dan satu hal lagi, jangan sungkan untuk berbagi ilmu. Karena berbagi ilmu itu indah. Share artikel ini dengan orang-orang yang Anda cintai. Dan tetap nantikan  artikel seputar pangan dan gizi selanjutnya.

 

-MWA Training & Consulting-

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook