Pelatihan Menu Pangan Lokal Berbasis B2SA

Pelatihan Menu Pangan Lokal Berbasis B2SA

Pelatihan Menu Pangan Lokal Berbasis B2SA

Keluarga menjadi bagian terkecil dalam kehidupan bermasyarakat. Keluarga juga menjadi bagian paling penting dalam pembentukan karakter, derajat kesejahteraan, dan derajat kesehatan seseorang. Oleh karena itu, untuk mencapai Indonesia yang sejahtera harus dimulai dari membimbing setiap keluarga di Indonesia agar setiap anggotanya dapat sehat, aktif, dan produktif.


Ibu-ibu PKK yang tersebar disetiap kabupaten/kota di sleuruh Indonesia menjadi salah satu perantara atau penyuluh kepada keluarga-keluarga Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan gizinya agar tetap hidup sehat, aktif, dan produktif. 


Bagaimana caranya? yaitu dengan mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman yang lebih dikenal dengan B2SA. Pemenuhan kebutuhan untuk memenuhi kaidah pangan B2SA dapat dilakukan dengan perencanaan menu yang benar yaitu memenuhi kebutuhan gizi setiap anggota keluarga yang memenuhi prinsip triguna makanan yaitu sumber tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Prinsip beragam, yaitu terdiri dari berbagai jenis bahan makanan, tidak hanya satu jenis bahan pangan saja. Seimbang, yaitu sesuai dengan kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh masing-masing anggota keluarga. Aman yaitu tidak mengandung zat-zata yang membahayakan tubuh. 


Sebagai salah satu medianya, MWA Training & Consultant memberikan pelatihan teknologi pengolahan pangan lokal sesuai prinsip B2SA pada tanggal 26-28 April 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor MWA tepatnya di jalan Anggrek 1 Blok F3 Nomor 7, Taman Pagelaran Ciomas, Bogor dengan peserta ibu-ibu PKK yang berasal dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau sebanyak 19 orang. 


Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini diisi dengan materi terkait cara penyusunan menu B2SA keluarga, Teknologi Pengolahan Tepung pangan, serta teknologi pengolahan dan penyajian pangan yang aman. Tidak hanya materi, peserta juga mempraktekkan membuat tepung pangan lokal, seperti mocaf, talas, dan lainnya. peserta juga praktek memasak menu yang telah disusun sesuai prinsip B2SA. Selain itu, peserta juga dibekali tips-tips jitu untuk memenangkan lomba LCM.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook