Panduan Praktis Perencanaan Penyediaan Pangan untuk Pemerintah Daerah video 1

 

Prinsip dan Metode Penyusunan NBM

1. Pendahuluan

Pengertian Neraca Bahan Makanan yaitu tabel yang menyajikan gambaran tentang penyediaan, penggunaan dan ketersediaan pangan perkapita untuk konsumsi penduduk disuatu wilayah dalam kurun waktu tertentu. Didalam  Neraca Bahan Makanan  terdapat 19 kolom dan 11 jenis bahan makanan. Satuan yang digunakan dalam konsumsi penduduk yaitu gram perkapita perhari, kg perkapita pertahun maupun zat gizi ( energi dan zat gizi makro).

Posisi Neraca Bahan Makanan sebagai alat hitung ketersediaan pangan hingga ke zat gizi perkapita perhari. Ketersediaan pangan yaitu kondisi tersedianya pangan dari hasil produksi dan cadangan pangan Nasional serta impor apabila kedua sumber utama tidak dapat memenuhi kebutuhan. Pada Neraca Bahan Makanan, ketersediaan pangan untuk dikonsumsi penduduk terdapat di kolom 14 mulai dari pengadaan, produksi, cadangan, impor yang sudah dikurangi dengan ekspor dan penggunaan non manusia ( bibit, benih, bahan baku industri dan tercecer)

Manfaat Menyusun Neraca Bahan Makanan diantaranya pertama, mengetahui jumlah penyediaan, penggunaan dan  ketersediaan pangan perkapita untuk dikonsumsi penduduk. Kedua , mengevaluasi pengadaan dan penggunaan pangan. Ketiga, mengevaluasi tingkat ketersediaan pangan (rekomendasi AKE dan komposisinya berdasarkan PPH). Keempat, bahan acuan perencanaan produksi atau pengadaan pangan serta bahan perumusan kebijakan pangan dan gizi.

 

Copyright © 2019 Pangan Lokal Indonesia