KULAK KULIK TALAS, PANGAN LOKAL PENGGANTI TEPUNG TERIGU

KULAK KULIK TALAS, PANGAN LOKAL PENGGANTI TEPUNG TERIGU

KULAK KULIK TALAS, PANGAN LOKAL PENGGANTI TEPUNG TERIGU

Jika sebelumnya Anda telah disajikan dengan artikel mengenai jagung sebagai pengganti beras. Sekarang, kita beralih ke bangsa umbi-umbian, yaitu TALAS.

Percaya atau tidak, talas dapat menggantikan posisi tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatan kue dan sejenisnya.

 

Talas adalah tanaman pangan yang sangat familiar di Indonesia bagian barat, terutama di pulau Jawa. Tanaman ini merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kaya akan nutrisi dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Umbi yang bernama latin Colocasia esculenta ini mengandung 63-85% air, 108 kkal energi, 1,4 gram protein, dan 0,4 gram lemak.

 

Tahukah Anda, lemak dalam talas lebih sedikit dibandingkan dengan yang terkandung dalam beras dan tepung terigu. Selain itu, talas juga mengandung serat yang baik untuk saluran pencernaan.

 

Sebagai informasi, masyarakat di kepulaua Pasifik dan Hawaii telah menggunakan talas sebagai bahan baku untuk makanan bayi. Ukuran pati talas yang kecil menyebabkan talas lebih mudah dicerna, sehingga dapat dijadikan bahan untuk makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Di Indonesia, talas lebih banyak diolah menjadi berbagai macam kudapan. Secara tradisional talas banyak diolah menjadi keripik, getuk, kolak, talas goreng, talas rebus, atau menjadi tambahan dalam sayur. Namun, seiring berkembangnya teknologi kini talas dapat diolah menjadi berbagai macam jenis, seperti roti, cookies, pie, cake, dan lainnya.

M

ungkin, banyak dari Anda mengapa talas dapat diolah menjadi berbagai jenis kue. Talas yang diubah bentuknya menjadi tepung memiliki kandungan pati yang digunakan sebagai pengental produk yang diolah pada suhu tinggi. Tepung talas dapat mempertahankan flavour dan memperpanjang umur simpan produk olahannya.

 

Penasaran dengan cara pengolahannya produknya. Ingin tahu resep-resep olahan talas yang menggugah selera? Nanti artikel selanjutnya ya J

Sssst.. bocoran!!

Artikel selanjutnya akan membahas tentang resep olahan talas.

Jadi, tetap stay tune di grup diskusi bit.ly/PanganLokalIndonesia

 

Atau like fanpage kami di bit.ly/FanpagePanganLokalIndo 

 

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada orang-orang disekitar Anda. Kehebatan ilmu akan terlihat ketika dibagikan kepada yang membutuhkan.

 

-MWA Training & Consulting-

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook