Inilah Konsep Baru Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Inilah Konsep Baru Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Inilah Konsep Baru Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda ditanya apa yang dimaksud dengan Empat Sehat Lima Sempurna? Sebagian akan menjawab Empat Sehat Lima Sempurna adalah mengenai makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, lauk pauk, dan susu. Sebagian yang lain akan menjawab itu merupakan tata cara makan; apa yang harus disediakan dalam satu piring. Semua benar, tapi, tahukah Anda, konsep Empat Sehat Lima Sempurna sudah tidak digunakan lagi. Mengapa?

Jawabannya adalah pertanyaan.

Pertama,

Berapa banyak jumlah makanan yang boleh kita ambil? Untuk nasi misalnya, seberapa banyak nasi yang boleh diambil? Apakah sejumlah porsi warung tegal? Atau sejumlah porsi warung padang dibungkus? Atau sejumlah porsi warung padang makan di tempat? Pertanyaannya, apakah konsep Empat Sehat Lima Sempurna dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas?

Kedua,                                         

Berapa banyak potong tahu yang boleh dimakan oleh balilta usia 4 tahun? Apakah sama dengan banyaknya potong tahu yang boleh dimakan oleh nenek-nenek usia 67 tahun? Apakah sama jumlah wortel yang boleh dimakan oleh remaja putri usia 15 tahun dengan jumlah wortel yang boleh dimakan oleh pria paruh baya usia 49 tahun? Pertanyaannya, apakah konsep Empat Sehat Lima Sempurna dapat menjelaskan berapa banyak  makanan yang boleh dimakan oleh setiap jenis kelamin dan rentang usia?

Ketiga,

Mengapa susu begitu spesial? Lalu, bagaimana dengan teman kita yang alergi dengan protein susu sapi? Apakah dengan demikian mereka yang alergi susu sapi tidak makan dengan sempurna? Bagaimana jika di pasaran harga susu sapi demikian tinggi sehingga tidak terbeli? Apakah dengan demikian masyarakat tidak makan dengan sempurna? Pertanyaannya, lebih jauh lagi? Apakah susu sapi tidak dapat diganti dengan ikan lele—yang sama-sama protein hewani?

Lalu, bagaimana sebaiknya?

Solusinya sederhana. Konsep yang baru harus dapat menjelaskan perbedaan berapa banyak porsi makanan yang boleh dimakan oleh setiap jenis kelamin, setiap usia, dan jika perlu, status kesehatan. Manfaatnya, setiap orang yang dapat berbeda jenis kelamin, usia, dan status kesehatannya dapat mengetahui berapa banyak yang boleh dimakan, dengan kadar kenyang yang dapat bikin sehat.

Nah, konsep itu disebut Gizi Seimbang.

Apa itu Gizi Seimbang? Bagaimana rincinya?

Nantikan di artikel selanjutnya, ya J


Join grup diskusi bit.ly/GiziSeimbangMWA

Atau Anda dapat mengikuti fanpage bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook