Bukan MITOS melainkan FAKTA, Raih Tubuh Ideal Tanpa Memusuhi Nasi dan Kawanannya

Bukan MITOS melainkan FAKTA, Raih Tubuh Ideal Tanpa Memusuhi Nasi dan Kawanannya

Bukan MITOS melainkan FAKTA, Raih Tubuh Ideal Tanpa Memusuhi Nasi dan Kawanannya

 “Ambil nasinya sedikit aja ah, kan mau diet.”

Tidak jarang, Anda sebagai wanita menghadapi situasi seperti itu. Tuntutan naluri untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal lah yang menyebabkan para wanita membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi, terutama makanan sumber karbohidrat dan lemak. Bahkan, sampai ada yang rela untuk tidak sama sekali mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat sama sekali. Ekstrim ya?

 

Sudah melakukan diet seekstrim itu, bukan cowok yang jatuh hati malah Anda yang jatuh sakit karena kekurangan energi. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? (baca: https://goo.gl/6zpyXH)

 

Tentukanlah porsi setiap makananmu dengan bijak. *Wanita berumur 16-29 tahun pada umumnya membutuhkan 5 porsi makanan pokok dalam sehari.* Karena masih dalam usia produktif, wajar wanita dalam kelompok umur tersebut membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan dengan kelompok umur lainnya. *Untuk wanita umur 30-64 tahun membutuhkan 4,5 porsi makanan pokok per hari. Dan untuk kelompok umur terakhir adalah, wanita yang berusia diatas 65 tahun cukup mengkonsumsi 3,5 porsi makanan pokok saja dalam sehari.*

 

Lalu, yang dimaksud dengan 1 porsi itu seberapa banyak? Apakah 1 centong nasi, 1 piring makan?

 

Ukuran 1 porsi setiap makanan pokok tidaklah sama. Mengapa? Kembali lagi pada jumlah zat gizi yang terkandung didalamnya. Sebagai contoh, 1 porsi nasi dengan berat 100 gram atau ¾ gelas air mineral setara dengan 1 porsi jagung berjumlah 3 buah sedang dengan berat 125 gram. Jika Anda mengkonsumsi salah satunya, maka dianggap Anda telah mengkonsumsi 1 porsi makanan pokok dengan jumlah energi 175 kkal, 4 gram protein, dan 40 gram karbohidrat.

 

Jadi, bagi Anda yang pecinta nasi padang atau nasi kucing harus lebih memperhatikan jumlahnya ya. Jangan berlebihan atau kurang.

 

Sebagai tambahan, berikut jumlah beberapa makanan pokok dalam 1 porsinya.

1.      Bubur : 2 gelas (400 gram)

2.      Spagheti : 50 gram

3.      Makaroni : ½ gelas (50 gram)

4.      Roti putih: 3 lembar (70 gram)

5.      Biskuit/Kraker: 4-5 keping (± 40 gram)

 

Ingin sehat dengan cara murah? Yuk, terapkan prinsip gizi seimbang. Porsi cukup, perut senang, badan sehat.

Dapatkan artikel gizi seimbang lainnya secara GRATIS dengan join grup diskusi online “Gizi Seimbang” dengan mengklik link berikut bit.ly/GiziSeimbangMWA

 

Atau mungkin Anda mau kepoin artikel seputar gizi lainnya, mudah loh tinggal klik bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA

 

Atau kunjungi website MWA di panganlokalindonesia.co.id/

 

*Jangan lupa bagikan artikel ini, jika Anda anggap bermanfaat. Kabar baik sudah seharusnya di bagikan bukan.* J

 

-MWA Training & Consulting-

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Ase Seije Seasean... Pangan Lokal Yes... Selengkapnya

-Sardania - PKK Kabupaten Kaur

Papeda + Ika colo-colo Manta.... Selengkapnya

-Canox - Pulau Taliabu

Alhamdulillah, kami dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan kami khususnya menu B2SA ... Selengkapnya

-Anonim

Sangat berkesan dengan MWA, Tambah banyak inspirasi untuk pengolahan pangan yang ada di daerah Kaur.... Selengkapnya

-Bu Harmili - PKK Kabupaten Kaur

Terima kasih Kepada MWA yang telah memberikan ilmu/materi Distribusi pangan.. Harga pangan dan cadan... Selengkapnya

-Maida dan Yaktiva - Dinas ketahan pangan Kota Pekanbaru

Wawasan dan Inspirasi semakin Terbuka.... Selengkapnya

-Bu Eli - Dinas Ketahanan Pangan Banten

Bersama pangan lokal kita tingkatan aneka ragam pangan lokal MWA.... Selengkapnya

-Supriyanto

Thy so much.... Selengkapnya

-Evi - Bengkulu

ILMU tak berujung.... Selengkapnya

-Alien - Kutai Timur

Melalui MWA, kita jadi melek pangan tingkatkan selalu kerjasama kita.... Selengkapnya

-B.basyin

Pangan Lokal rasa dunia bersama MWA.... Selengkapnya

-Yiyi - KKP PKP

"Jadilah pendekar-pendekar pangan yang tangguh mewujudkan ketahanan pangan yang hakiki dimasing-masi... Selengkapnya

-Jems - DKPPKE TPI

MWA Memang oke, Jadilah yang Terdepan dari Pelatihan Apapun..... Selengkapnya

-Zarda - DKPPKE Kota Tanjung Pinang (Kepri)

MWA OK3... Selengkapnya

-Julaiha - BKP3 Bangka Tengah

Kita tingkatkan Pangan Lokal, Bersama MWA Bogor.... Selengkapnya

-Petrusngo - Dinas Pertanian & Kehutanan Kabupaten Mahakam ulu Provinsi Kaltim

Kita tingkatkan Pangan Lokal, Bersama MWA Bogor.... Selengkapnya

-Petrusngo - Dinas Pertanian & Kehutanan Kabupaten Mahakam ulu Provinsi Kaltim

MWA sangat Menginspirasi untuk sehat dan berbisnis... Selengkapnya

-Kartikawati - PKK KBB PARIGI MOUFONG SULTENG

Alhamdulillah, Berkat mengikuti Bintek B2SA kami memahami bagaimana menyusun menu B2SA.. Jayalah PKK... Selengkapnya

-Asrawan dan Zatma - Rejang Legong

Good job MWA Terima kasih ilmunya.... Selengkapnya

-Eva - DKP Rejang Lebong Bengkulu

Alhamdulillah bisa mengikuti Bimtek di MWA.... Mwa buat kita-kita makin menyenangi Ketahanan Pangan... Selengkapnya

-Miharlin

MWA bikin saya lebih "Melek Pangan". Sukses MWA... Selengkapnya

-Weny Aditya - DKP Kota Sungai Penuh

Terima kasih MWA atas ilmunya. Sukses selalu.... Selengkapnya

-Hamsia - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pulau Taliabu

Ase seije Seasean Pangan Lokal Yes... Selengkapnya

-Ibu Sardania - PKK Kabupaten Kaur

MWA untuk pangan lokal, sukses!!!... Selengkapnya

-Edi - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Teluk Wondama, Papua

Terima kasih kepada MWA yang telah memberikan ilmu / materi distribusi harga pangan dan cadangan pan... Selengkapnya

-Ibu Maida - Dinas Ketahanan Pangan kota Pekan baru

Facebook