Bukan MITOS melainkan FAKTA, Raih Tubuh Ideal Tanpa Memusuhi Nasi dan Kawanannya

Bukan MITOS melainkan FAKTA, Raih Tubuh Ideal Tanpa Memusuhi Nasi dan Kawanannya

Bukan MITOS melainkan FAKTA, Raih Tubuh Ideal Tanpa Memusuhi Nasi dan Kawanannya

 “Ambil nasinya sedikit aja ah, kan mau diet.”

Tidak jarang, Anda sebagai wanita menghadapi situasi seperti itu. Tuntutan naluri untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal lah yang menyebabkan para wanita membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi, terutama makanan sumber karbohidrat dan lemak. Bahkan, sampai ada yang rela untuk tidak sama sekali mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat sama sekali. Ekstrim ya?

 

Sudah melakukan diet seekstrim itu, bukan cowok yang jatuh hati malah Anda yang jatuh sakit karena kekurangan energi. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? (baca: https://goo.gl/6zpyXH)

 

Tentukanlah porsi setiap makananmu dengan bijak. Wanita berumur 16-29 tahun pada umumnya membutuhkan 5 porsi makanan pokok dalam sehari. Karena masih dalam usia produktif, wajar wanita dalam kelompok umur tersebut membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan dengan kelompok umur lainnya. Untuk wanita umur 30-64 tahun membutuhkan 4,5 porsi makanan pokok per hari. Dan untuk kelompok umur terakhir adalah, wanita yang berusia diatas 65 tahun cukup mengkonsumsi 3,5 porsi makanan pokok saja dalam sehari.

 

Lalu, yang dimaksud dengan 1 porsi itu seberapa banyak? Apakah 1 centong nasi, 1 piring makan?

 

Ukuran 1 porsi setiap makanan pokok tidaklah sama. Mengapa? Kembali lagi pada jumlah zat gizi yang terkandung didalamnya. Sebagai contoh, 1 porsi nasi dengan berat 100 gram atau ¾ gelas air mineral setara dengan 1 porsi jagung berjumlah 3 buah sedang dengan berat 125 gram. Jika Anda mengkonsumsi salah satunya, maka dianggap Anda telah mengkonsumsi 1 porsi makanan pokok dengan jumlah energi 175 kkal, 4 gram protein, dan 40 gram karbohidrat.

 

Jadi, bagi Anda yang pecinta nasi padang atau nasi kucing harus lebih memperhatikan jumlahnya ya. Jangan berlebihan atau kurang.

 

Sebagai tambahan, berikut jumlah beberapa makanan pokok dalam 1 porsinya.

1.      Bubur : 2 gelas (400 gram)

2.      Spagheti : 50 gram

3.      Makaroni : ½ gelas (50 gram)

4.      Roti putih: 3 lembar (70 gram)

5.      Biskuit/Kraker: 4-5 keping (± 40 gram)

 


Ingin sehat dengan cara murah? Yuk, terapkan prinsip gizi seimbang. Porsi cukup, perut senang, badan sehat.

Dapatkan artikel gizi seimbang lainnya secara GRATIS dengan join grup diskusi online “Gizi Seimbang” dengan mengklik link berikut bit.ly/GiziSeimbangMWA


Atau mungkin Anda mau kepoin artikel seputar gizi lainnya, mudah loh tinggal klik bit.ly/FanpageGiziSeimbangMWA

 

 

Jangan lupa bagikan artikel ini, jika Anda anggap bermanfaat. Kabar baik sudah seharusnya di bagikan bukan. J

 

-MWA Training & Consulting-

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook