BEGINILAH KUANTITAS DAN KUALITAS KONSUMSI PANGAN DI KABUPATEN PANDEGLANG

BEGINILAH KUANTITAS DAN KUALITAS KONSUMSI PANGAN DI KABUPATEN PANDEGLANG

BEGINILAH KUANTITAS DAN KUALITAS KONSUMSI PANGAN DI KABUPATEN PANDEGLANG

Penilaian kuantitas dan kualitas konsumsi pangan di suatu daerah memang sangat amat penting dilakukan. Karena, kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi ikut menentukan kualitas sumber daya manusia nantinya. Berangkat dari kesadaran inilah Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang melakukan kerja sama dengan MWA training & Consulting. Dan inilah hasilnya ...


Potret Kuantitas Konsumsi Pangan Penduduk Kabupaten Pandeglang


Potret itu menunjukkan hasil yang tidak begitu indah. Mengapa? Terlihat dari jumlah  pangan yang dikonsumsi oleh penduduk Kabupaten Pandeglang dari Tahun 2011-2015 yang mengalami penurunan. Dengan laju rata-rata penurunannya sebesar 0,89%. Dan lagi, ternyata jumlah pangan yang dikonsumsi tersebut belum mencapai jumlah konsumsi ideal (yakni 2150 kilokalori per orang per hari). contohnya, jumlah pangan yang berhasil dikonsumsi oleh setiap penduduk Kabupaten Pandeglang Tahun 2015 hanya 2.099 kilokalori. Angka tersebut baru mencapai 97,6% dari jumlah energi ideal yang seharusnya di konsumsi (Sumber: Susenas 2015, diolah MWA training & Consulting).          


Potret Kualitas Konsumsi Pangan Penduduk Kabupaten Pandeglang


Kualitas konsumsi pangan ditunjukkan dengan skor pola pangan harapan (PPH). Pola pangan harapan (PPH) dikatakan baik apabila skornya mencapai 100. Nah, skor PPH Kabupaten Pandeglang Tahun 2015 sebesar 74,5. Artinya, makanan yang dikonsumsi oleh setiap orang di Kabupaten Pandeglang masih belum beragam. Skor tersebut bukan tidak mungkin untuk naik bahkan mencapai ideal, loh. Penasaran dengan cara memperbaiki kualitas konsumsinya? Nantikan di artikel selanjutnya ya.


Tetap stay tune di grup diskusi *Daulat Pangan Indonesia.

Belum bergabung? Tinggal klik bit.ly/IndonesiaDaulatPangan atau di bit.ly/DaulatPangan2


Jika Anda pengguna aktif sosial media, Anda juga dapat like dan subscribed fanpage kami di bit.ly/FanpageDaulatPangan 


Atau follow akun instagram @panganlokalindonesia. Nikmati artikel modern dengan feed timeline yang lucu dan menarik.


Anda juga bisa mengunjungi website kami di panganlokalindonesia.co.id/ untuk artikel dengan tema lainnya (gizi seimbang dan pangan lokal Indonesia)


Perubahan dapat dimulai dengan memulai hal-hal kecil, seperti membagikan artikel ini. Kalau bukan Anda siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. YUK WUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN DI INDONESIA


-MWA Training & Consulting-

Cp: (+6285310252992)


sumber gambar: health.liputan6.com

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook